← Back to portfolio

Garuda Select "Bentangan sayap garuda muda di tanah Inggris"

Published on

Halo sobat nimo apa kabar?

Kali ini Animoku bakal membahas mengenai program Garuda Select, mungkin dari sobat nimo banyak yg belum tahu apa itu program Garuda Select

Garuda Select adalah program dari PSSI untuk para pemain muda U-17 terpilih untuk mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan Profesional di inggris selama beberapa bulan. Selain menyesuaikan diri dengan Iklim dan cuaca eropa yang jauh berbeda dengan Indonesia, para pemain juga mendapat pengawasan ketat mengenai diet makanan dan istirahat yang cukup.

Program ini sudah dilaksanakan sejak awal tahun lalu dengan mengirimkan 24 pemain dan 3 staf pelatih untuk mendapatkan pelatihan standar eropa di inggris. Para pemain yang dipilih kebanyakan adalah pemain yang sebelumnya membawa nama harum Indonesia dengan memenangkan kejuaraan Piala AFF 2018 dan juga hasil seleksi dari Elite pro Academy u-16 yaitu kompetisi klub untuk pemain muda di Indonesia.

Program yang bekerja sama dengan Supersoccer TV ini ternyata sabtu lalu telah menyelesaikan rangkaian pertandingan Uji coba mereka,meskipun kalah 7-2 dari Chelsea FC namun jika dilihat dari keseluruhan hasil ujicoba Garuda select cukup menjanjikan.

Dalam 17 laga uji coba tim yang diasuh dua legenda sepak bola Inggris, Dennis Wise dan Des Walker mencatatkan 5 kemenangan, 4 imbang dan 8 kekalahan. Dengan produktivitas 39 gol dan kebobolan 42 gol.Untuk pencapaian Individu Mochamad Supriadi memimpin torehan gol bagi tim dengan 9 gol disusul Sutan Zico 8 gol.

Dengan berakhirnya gelombang pertama dari Garuda Select, pemain akan kembali ke Indonesia untuk beristirahat sejenak dan bertemu keluarga setelah lebih dari 4 bulan berlatih di tanah kelahiran David Beckham tersebut..

Dan menurut rencana jangka panjang Garuda Select mereka akan berangkat ke Italy bulan agustus ini untuk ujicoba selanjutnya dan tahun depan mereka akan mendapat pelatihan di Jerman, wah padat sekali yah sobat nimo. Dikarenakan Program yang dijalankan PSSI ini adalah program yang berkesinambung dan berjangka panjang sehingga suatu saat nanti para pemain pemain ini bisa membawa nama baik Indonesia dalam bidang sepak bola di kancah dunia.